Kamis, 06 November 2014

Makalah Perbankan K'13






                  TRANSFER, KLIRING, INKASO “BANK MANDIRI”
Cabang Bangkong Semarang
Jalan Sinar Bahagia V

Mata Diklat: Dasar-Dasar Perbankan
Guru Pembimbing: Dra.Dwi Harti, M.Pd
Disusun oleh:
1.  Ananda Putri Savillania          (05)
2.  Deida Dwi R                           (08)
3.  Purwanti                                  (26)
4.  Rike Widia Astuti                   (29)


Kelompok5  X Akuntansi 2



SMK N 9 SEMARANG
Jalan Peterongansari No.2 Semarang
                                                   2014                      
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
Motto:
 1. Kerja kerja kerja                                                         (Dahlan Iskan)
2. Sedikit pengetahuan disertai tindakan adalah lebh berharga daripada banyak pengetahuan
namun tak ada tindakan apapun                               (Kahlil Gibran)
3. Anakmu bukan milikmu tetapi ilik kehidupan, berikan kasih sayangmu tetapi bukan pikiran-pikiranmu. Anak yang dibesarkan dengan kasih sayang akan tumbuh menjadi pribadi yang baik budi dan luhurnya, tetapi anak yang dibesarkan dengan cacian akan tumbuh menjadi pribadi yang dapat menghancurkan dunia.                                                                (Kahlil Gibran)
4.Bermimpilah yang sebesar-besarnya, tapi bersegeralah untuk mengerjakan sekecil-kecilnya kebaikan yang terdekatBermimpilah yang sebesar-besarnya, tapi bersegeralah untuk mengerjakan sekecil-kecilnya kebaikan yang terdekat                        (Mario Teguh)



Persembahan:
§  Orang tua
§  Teman-teman satu kelompok
§  Teman-teman satu kelas
§  Pihak-pihak yang tidak dapat disebutkan
                                                                               ii

Kata Pengantar

Assalamu’alaikum Wr.wb
            PujisyukurAlhamdulillah segala puji bagi Allah yang telah memberikan rahmad dan hidayahNya  sehingga kami dapat menyelesaikan makalah dengan judul: Transfer, Kliring, Inkaso Bank Mandiri.
Tujuan kami membuat makalah ini sebagai pengganti UjianMid Semester 2 Mata Diklat  Dasar-Dasar Perbankantahunajaran 2013-2014.
Dalam penyusunanmakalahini, penyususnmemperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak. Padakesempataninipenyususnmenyampaikanucapan terima kasih kepada:
1.       Dra.Siti Fadlilah, M.Pd selaku Kepala SMK N 9 Semarang
2.      Dra. Dwi Harti, M.Pd selaku guru Mata DiklatDasar-DasarPerbankan
3.       Dra.Tri Sudji Astuti selaku wali kelas XAkuntansi 2.
4.      Guru kelas X Akuntansi 2.
5.      Rekan-rekankelas X Akuntansi 2
6.      Pihak-pihak yang tidak di sebutkan
Semoga semua ini bisa memberikan pemahaman dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi. Akhir kata kami berharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Semarang, 22 Maret 2014

Penyusun


iii

Daftar Isi

Halamam Judul........................................................................................ i
Motto dan Persembahan.......................................................................... ii
Kata Pengantar........................................................................................ iii
Daftar Isi................................................................................................. iv
BAB I.  PENDAHULUAN
Latar Belakang........................................................................................ 1
Rumusan Masalah................................................................................... 1
Tujuan...................................................................................................... 1
Masalah................................................................................................... 2
BAB II.  PEMBAHASAN
1.      Jasa transfer Bank Mandiri secara rinci.............................................3
2.      Jasa Kliring Bank Madiri secara rinci...............................................5
3.      Jasa Inkaso Bank Mandirisecara rinci...............................................8
BAB III.  Simpulan dan Saran
1.Simpulan.............................................................................................10
2. Saran .................................................................................................10
Daftar Pustaka
Daftar Lampiran


iv


BAB I
PENDAHULUAN
1.         Latar Belakang

Bank Mandiri dalam memberikan pelayanan, keberadaan pelayanan Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia sangat penting bagi suatu bank. Keberadaan pelayaan meliputi beberapa kegiatan misalnya memberi solusi apabila nasabah mendapat kesulitan atau masalah dalam proses transaksi.
Selain itu juga memberiakan jaminan kepada nasabah bahwa yang disimpan di bank tersebut cukup aman. Bentuk pelayan yang terakhir adalah sikap profesionalisme dari bankir atau pelaku bank. Profesionalisme maksudnya memiliki kemampuan mengoptimalisasi potensi yang ada dan hasilnya berguna bagi orang banyak serta memberikan kontribusi bagi perusahaan. Profesional bisnis adalah mampu menyeimbangkan antara idealisme profesi dengan tujuan bisnis yang sebenarnya yaitu keuntungan.
           Bank Mandiri memberikan jasa-jasa perbankan seperti transfer uang, kliring, dan inkaso kepada nasabahnya. Selain itu pihak Bank Mandiri juga harus bisa memberikan pelayanan tersebut dengan baik dan benar kepada nasabahnya, supaya nanti nasabah Bank Mandiri juga puas dengan kerja pegawai Bank Mandiri.

2.         Rumusan Masalah

1. Jelaskan jasa Transfer Bank Mandiri secara rinci!
2. Jelaskan jasa Kliring Bank Madiri secara rinci!
3. Jelaskan jasa Inkaso Bank Mandirisecara rinci!

3.         Tujuan
1.    Bagi siswa dapat Mengetahui jasa Transfer di Bank Mandiri secara lebih jelas, baik dalam kota maupun lura kota, mengetahui mentrasfer uang ke bank tempat kita menabung manupun ke bank lain, mengetahui keuntungan nasabah dan bagi bank
2.    Bagi siswa Mengetahui apa yang di maksud dengan kliring dan bagaimana cara melakukan kliring antar bank dalam kota maupun luar kota
3.    Bagi siswa Mengetahui yang dimaksud dengan Inkaso, baik itu cara penggunaanya



1
4.      Manfaat
1)      Bagi siswa kita akan dapat mengetahui bagaimana bank-bank khususnya bank Mandiri mentranser uang, apa saja aturan yang diterapkan. Tidak hanya itu kita akan
mendapatkan pengetahuan yang lebih. Mempermudah dalam pembelajaran.itulah manfaat yang nantinya akan kita dapatkan dalam membaca makalah ini.
2)      Bagi guru bermanfaat untuk bisa mengetahui jasa-jasa yang diberikan bank mandiri terhadap nasabahnya. Supaya nanti bila para guru puas dengan pelayanan bank mandiri.
3)      Bagi sekolah makalah ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tarik membaca siswa, menambah wawasan bagi oarang-orang disekitar sekolahan. Dapat juga menambah koleksi bacaan di perpustakaan.





















2


BAB II
PEMBAHASAN

1.      Pengiriman Uang
Pengiriman uang (transfer) dalam negeri
Salah satu jasa dalam dunia perbankan yang banyak dipergunakan oleh masyarakat adalah pengiriman uang (transfer) baik yang dilakukan dengan kawat ataupun secara tertulis.Karena transfer uang yang dapat dilakukan baik di dalam negeri maupun ke luar negeri yang dapat dilaksanakan dalam valuta asing dan rupiah. Ttransfer adalah suatu kegiatan jasa bank untuk memindahkan sejumlah dana tertentu sesuai dengan perintah si pemberi amanat yang ditujukan untuk keuntungan seseorang yang ditujukan sebagai penerima transfer (beneficiary).
Transfer adalah pengiriman uang lewat bank, atau pemindahan uang dari rekening yang satu ke rekening yang lain dengan berbagai tujuan. Pengiriman uang dapat tiba hari yang sama dan dapat dicairkan melalui pengiriman dengan sistem on line. Biaya kirim sangat tergantung sarana dan jarak tujuan pengiriman, biaya kirim yang dibebankan biasanya tidak sama.
Keuntungan Transfer bagi nasabah antara lain:
1.      Biaya pengiriman uang lebih murah jika dibandingkan dengan lewat kantor pos atau sarana pengiriman lainnya.
2.      Uang yang dikirimdijain sampai tujuan lebih cepat, uang tetap mengendap di ekening bank dan tidak dapat dicairkan selai yang punya rekening.
3.      Dapat mengirim ke beberapa tujuan dalam waktu yang sama.
4.      Pengiriman dapat dilakukan melalui pembebanan ke rekening nasabah.
5.      Proses pengiriman sangat mudah, jika mentransfer uang tunai, caranya menisi formulir, membayar di kasir, uang terkirim sampai ke tujuan.
Keuntungan transfer bagi bank adalah:
1.      Memperoleh penghasilan dari biaya pengiriman, untuk pengiriman ke daerah tertentu nasabah dibebankan biaya provinsi dan konisi.
2.      Memperoleh dana cash dari uang yang dikirim, selama kiriman belum ditarik penerima.
3.      Masyarakat merasa terbantu dan merasa dihargai bank.





3
Transfer keluar
Jasa pengiriman uang dam valuta asing antar bank di Indonesia maupun keluar negeri, atas permintaan dan untuk kepentingan nasabah.
Keuntungan
Memberikan kemudahan dalam transaksipengiriman uang atau pembayaran dalam valuta asing dengan biaya yang kompetitif.
1.      Pengiriman uang atau transaksi pembayaran akan lebih aman dan cepat.
2.      Pengiriman uang keseluruh dunia dari 125 mata uang.
3.      Layanan same day untuk kiriman uang dalam valuta USD ke BI yang merupakan member Mandiri Direct Settlement.
4.      Layanan kiriman uang keluar negeri juga bia menggunakan sarana Mandiri Internet Bisnis.
Ketentuan Umum
1.      Dilayani diseluruh kantor cabang Bank Mandiri
2.      Tersedia bagi nasabah atau bukan nasabah
3.      Dapat dilaksanakan atas dasar amanat berulang(Standing Intruction)
4.      Penerima transfer adalah nasabah pemegang rekening disalah satu banj dalam negeri atau luar negeri
5.      Suber dana transfer dapat secara tunai, non tunai dan setotan lainnya seperti Travellers Cheque, Bank Daft

Transfer Masuk
Jasa layanan pembayaran kepada penerima transfer yang dilakukan secara tunai, pengkreditan kerekening maupun pnerusan kebank lain dalam mata uang rupiah maupun USD(United States Dollars)
Keuntungan
Memberikan kemudahan dalam transaksi pengiriman uang atau pembayaran dalam valuta asing dengan biaya yang kompetiif
Pengiriman uang/ transaksi akan lebih aman dan cepat
Ketentuan umum
Dilayani diseluruh kantor(cab. Bank Mandiri)
Dapat dilaksanakan atas dasar amanat berulang(standing Intruction)
Penerima trnsfer adalah nasabah pemegang rekening maupun non nasabah





4
2.Kliring
Kriling merupakan jasa penyelesaian hutang piutang antar bank dengan cara saling menyerahkan warkat-warkat yang akan dikliringkan di lembaga kliring. Lembaga ini dibentuk dan dikoordinir oleh Bank Indonesia setiap harikerja, dan peserta kliring merupakan bank yang sudah mendapat ijin dari BI.
Tujuan dilaksanakan kliring:
1.      Untuk memajukan dan memperlancar lalu lintas pembayaran giral
2.      Agar perhitungan penyelesaian utang piutang dapat dilakukan dengan lebih mudah, aman dan efisien
3.      Salah satu pelayanan bank kepada nasabah
Warkat-warkat yang dapat dikliringkan atau diselesaikan di lembaga kliring adalah warkat-warkat yang berasal dari dalam kota, seperti:
- cek
- bilyetgiro
- wesel bank
- Surat bukti penerimaaan transfer
- Lalu lintas girat / nota kredit
Proses penyelesaian warkat-warkat kliring di lembaga kliring (dilihat dari sisi bank)
1.      Kliring Keluar, membawa warkat kliring ke lembaga kliring (Nota debet/kredit keluar)
2.      Kliring Masuk, menerima warkat kliring dari lembaga kliring (Nota debet/kredit masuk)
3.      Pengembalian Kliring, pengembalian warkat yang tidak memenuhi syarat yang telah ditentukan.
Mekanisme Kliring
1.                  Tn. A bertransaksi dengan Tn B
2.                  Tn. A memberikan Cek padaTn B
Tn. B sebagai nasabah Bank ‘XYZ’ melakukan setoran kliring di Bank ‘XYZ’
1.                  Bank ‘XYZ’ mengirimkan Warkat (Nota Debet  ND Keluar) kepada Lembaga Kliring
2.                  Lembaga Kliring akan meneruskan Warka kepada Bank ‘ABC’ (Nota Debet  ND Masuk)
3.                  Setelah proses pengecekan dan cek dinyatakan sah, maka di informasikan kepada Lembaga kliring untuk mendebet rekening Bank ‘ABC’ di BI dan di kredit ke rekening Bank ‘XYZ’
4.                  Penyampain hasil kliring kepada Bank ‘XYZ’ dan pihak Bank akan mengkridit rekening Tn B.
5
Setelah proses kliring berjalan, pada sore hari masing-masing bank akan membuat perhitungan kliring untuk mengetahui apakah bank tersebut menang atau kalah kliring.
Bank yang menang kliring adalah bank yang jumlah warkat tagihan warkat kliring melebihi pembayaran warkat kliringnya.
Bank yang kalah kliring justru sebaiknya, dimana pembayaran warkat kliring lebih besar dari warkat tagihan.

Sistem Kliring
Berdasarkan sistem penyelenggaraannya, kliring dapat menggunakan:
a. Sistem manual,yaitu sistem penyelenggaraan Kliring Lokal yang dalam pelaksanaan perhitungan, pembuatan Bilyet Saldo Kliring serta pemilahan Warkat dilakukan secara manual oleh setiap peserta.
b. Sistem Semi Otomasi, yaitu Sistem penyelenggaraan Kliring Lokal yang dalam pelaksanaan perhitungan dan pembuatan Bilyet Saldo Kliring dilakukan secara otomasi, sedangkan pemilahan Warkat dilakukan secara manual oleh setiap peserta.
c. Sistem Otomasi, yaitu Sistem penyelenggaraan Kliring Lokal yang dalam pelaksanaan perhitungan, pembuatan Bilyet Saldo Kliring dan pemilahan warkat dilakukan oleh Penyelenggara secara otomasi.
d. Sistem elektronik, yaitu penyelenggaraan Kliring Lokal secara elektronik yang selanjutnya disebut Kliring Elektronik adalah penyelenggaraan Kliring Lokal yang dalam pelaksanaan perhitungan dan pembuatan Bilyet Saldo Kliring didasarkan pada Data Keuangan Elektronik yang selanjutnya disebut DKE disertai dengan penyampaian Warkat Peserta kepada Penyelenggara untuk diteruskan kepada peserta penerima.
Dokumen Kliring
Dokumen kliring merupakan dokumen yang berfungsi sebagai alat bantu dalam proses perhitungan kliring ditempat penyelenggara. Dokumen kliring yang digunakan dalam penyelenggaraan kliring lokal dengan sistem manual berupa Daftar Warkat Kliring Penyerahan/Pengembalian yang berfungsi sebagai bukti penyerahan/pengembalian warkat baik pada kliring penyerahan maupun kliring pengembalian. Daftar Warkat Kliring Penyerahan/Pengembalian ini disediakan oleh masing-masing peserta.
Formulir Kliring.Formulir yang digunakan untuk proses perhitungan Kliring Lokal dengan sistem manual meliputi:




6

1.Neraca Kliring Penyerahan/Pengembalian Gabungan Formulir ini disediakan oleh penyelenggara dan digunakan oleh penyelenggara untuk menyusun rekapitulasi Neraca Kliring Penyerahan/Pengembalian dari seluruh peserta.
2.Neraca Kliring Penyerahan/Pengembalian. Formulir ini disediakan oleh peserta dan digunakan oleh peserta untuk menyusun Neraca Kliring Penyerahan/Pengembalian atas Daftar Warkat Kliring Penyerahan/Pengembalian.
3.Bilyet Saldo Kliring. Formulir ini disediakan oleh peserta dan digunakan oleh peserta untuk menyusun Bilyet Saldo Kliring berdasarkan Neraca Kliring Penyerahan dan Neraca Kliring Pengembalian.
Jenis Biaya Kliring
Penyelenggaraan kliring baik secara manual, semi otomasi, otomasi maupun secara elektronik pada prinsipnya memerlukan biaya kliring. Biaya kliring ini menjadi beban peserta kliring yang melakukan kliring pada saat itu. Secara umum biaya kliring terdiri dari biaya administrasi, biaya proses warkat kliring. Biaya-biaya ini akan dikreditkan oleh Bank Indonesia dari rekening giro BI yang dimiliki oleh peserta kliring.
Warkat dan dokumen kliring warkat
Adalah alat pembayaran bukan tunai yang diperhitungkan atas beban atau untuk untung rekening nasabah atau bank melalui kliring. Warkat yang dapat diperhitungkan dalam kliring otomasi adalah:
1. CekCek adalah cek sebagaimana diatur dalam Kitab undang-undang Hukum Dagang (KUHD) termasuk cek dividen, cek perjalanan, cek cinderamata, dan jenis cek lainnya yang penggunaannya dalam kliring disetujui oleh Bank Indonesia.
2. Bilyet Giro Bilyet Giro adalah surat perintah dari nasabah kepada bank penyimpan dana untuk memindahbukukan sejumlah dana dari rekening yang bersangkutan kepada rekening pemegang yang disebutkan namanya, termasuk Bilyet Giro Bank Indonesia (BGBI).
3. Wesel Bank Untuk Transfer (WBUT) Wesel Bank Untuk Transfer, adalah wesel sebagaimana diatur dalam KUHD yang diterbitkan oleh bank khusus untuk sarana transfer.
4. Surat Bukti Penerimaan Transfer (SBPT)Surat Bukti Penerimaan Transfer adalah surat bukti penerimaan transfer dari luar kota yang dapat ditagihkan kepada bank peserta penerima dana transfer melalui kliring local.
5. Nota DebetNota Debet, adalah warkat yang digunakan untuk menagih dana pada bank lain untuk untung bank atau nasabah bank yang menyampaikan warkat tersebut.
6. Nota KreditNota Kredit adalah warkat yang digunakan untuk menyampaikan dana pada bank lain untuk untung bank atau nasabah bank yang menerima warkat tersebut.



7
3.Inkaso
Yang banyak yang dipergunakan oleh masyarakat adalah Jasa penagihan atas warkat dari bank lain yang talah diterbitkan oleh nasabahnya yang berada pada lokasi yang berbeda. jasa ini dikenal dalam dunia perbankan sebagai inkaso. Inkaso merupakan kegiatan jasa bank untuk melakukan amanat dari pihak ketiga berupa penagihan sejumlah kepada seseorang atau badan tertentu di kota lain yang telah ditunjuk oleh si pemberi amanat. Ditinjau dari segi waktu, kegiatan inkaso memerlukan waktu beberapa hari tergantung dari jarak bank yang menerbitkan warkat tersebut. Dengan demikian bagi inkaso yang telah diterima hasilnya akan merupakan pengendapan dana bagi bank selama ia belum dicairkan oleh si pemberi amanat.
Warkat inkaso
Tidak semua warkat yang diterbitkan oleh bank dapat dimasukan dalam kegiatan inkaso. Warkat-warkat yang dapat di inkasokan terdiri dari:
a.Warkat inkaso tanpa lampiran.
Yaitu warkat-warkat inkaso yang tidak dilampiri dengan dokumen dengan dokumen-dokumen apapun seperti cek, bilyet giro, wesel dan surat berharga lainnya.
b.Warkat inkaso dengan lampiran
Yaitu warkat-warkat inkaso yang dilampirkan dengan dokumen-dokumen lainnya seperti kwitansi, faktur, polis asuransi dan dokumen-dokumen penting lainnya. Inkaso dilakukan antar cabang dari bank yang sama atau bank lain dimana inkaso dilakukan melaui cabang bank sendiri yang berlokasi pada kota yang sama dengan bank tertarik.Dalam proses inkaso ,akan tercipta hubungan antar kantor antara cabang penberi amanat dan cabang penerima amanat yang akan langsung menghubungi bank tertarik. Inkaso tidak dilakukan pada kota yang sama ,karena warkat dari bank lain yang berlokasi dalam kota yang sama cukup dilakukan melalui kliring. Keuntungan bagi bank yang melakukan kegiatan inkaso keluar adalah sebagai sumber untuk meningkatkan pendapatan bank dalam bentuk komisi dan pengendapan dan juga sebagai cara untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan pangsa pasar.
Jenis inkasobila ditinjau dari sifat kegiatannya, kagiatan inkaso ini dibagi menjadi dua
jenis,yakni:
a.       Inkaso Keluar: adalah merupakan suatu kegiatan untuk menagih suatu warkat yang telah diterbitkan oleh nasabah bank lain.Disini bank menerima amanat dari nasabahnya sendiri untuk menagih warkat tersebut kepada seseorang nasabah bank lain dikota lain.



8

b.      Inkaso Masuk: adalah merupakan tagihan yang masuk atas warkat yang telah diterbitkan oleh nasabah sendiri. Baik inkaso masuk maupun inkaso keluar akan menciptakan hubungan antar kantor antara bank pemberi amanat dan cabang penerima amanat
c.       Dalam inkaso keluar, pemberi amanat akan mendebet bank penerima amanat.
Sedangkan dalam inkaso masuk, bank penerima amanat akan mengkredit bank pemberi amanat. Pada inkaso keluar, transaksi ini bersifat bersyarat dan oleh sebab itu harus dibukukan dalam rekening administratif . Artinya , bank akan membayar sejumlah uang kepada si pemberi amanat. dalam hal ini nasabah, apabila hasil inkaso dinyatakan berhasil. dengan demikian, rekening administrative akan muncul disebelah kredit. Dalam kegiatan inkaso keluar, seluruh transaksi sebelum diperoleh kepastian berhasil tidaknya akan dibukukan dalam rekening administrative sebelah kredit dalam rekening warkat inkaso yang di terima. Rekening ini akan tetap outstanding sampai inkaso dinyatakan berhasil.



























9

BAB III
PENUTUP
Simpulan

1.      Transfer adalah pengiriman uang lewat bank, atau pemindahan uang dari rekening yang satu ke rekening yang lain dengan berbagai tujuan. Pengiriman uang dapat tiba hari yang sama dan dapat dicairkan melalui pengiriman dengan sistem on line.

2.      Jasa perbankan sangatlah penting bagi kita, dengan adanya jasa perbankan kita dapat dengan cepat dan mudah bertransaksi tanpa adanya hambatan yang cukup besar. Dengan adanya transfer, kliring, inkaso kita dapat dengan mudah baik dalam kita, antar kota bahkan luar kota.
3.      Kriling merupakan jasa penyelesaian hutang piutang antar bank dengan cara saling menyerahkan warkat-warkat yang akan dikliringkan di lembaga kliring. Lembaga ini dibentuk dan dikoordinir oleh Bank Indonesia setiap harikerja, dan peserta kliring merupakan bank yang sudah mendapat ijin dari BI.
4.      Inkaso merupakan kegiatan jasa bank untuk melakukan amanat dari pihak ketiga berupa penagihan sejumlah kepada seseorang atau badan tertentu di kota lain yang telah ditunjuk oleh si pemberi amanat. Ditinjau dari segi waktu, kegiatan inkaso memerlukan waktu beberapa hari tergantung dari jarak bank yang menerbitkan warkat tersebut.

Saran

1.    Bank yang ingin berkembang dan mendapatkan keunggulan kompetitif harus dapat memberikan jasa berkualitas dengan biaya yang lebih murah, dan pelayanan yang lebih baik dan dapat memuaskan kebutuhan nasabah sehingga timbul loyalitas.














10


DaftarPustaka

htttp://id.wikipedia.org.akuntansi































Lampiran 1
Transfer masuk
Dari nasabah Bank BRI kepada nasabah Bank Mandiri
Dewi (nasabah Bank BRI) melakukan transfer dana ke rekening Rikna (nasabah Bank Mandiri) :
Cara Pertama:
1. Masukan nomor rekening Rikna (10555987612300)
2. Cek nomor rekening Rikna  yang dimasukan :
a. Jika benar , tekan ‘BENAR’
b. Jika salah dan ingin mengulangi memasukan nomor rekening tekan ‘SALAH’
3. Untuk membatalkan tekan ‘CANCEL’  
Cara Kedua:
1. Masukan jumlah yang akan ditransfer  ke rekening Rikna (nasabah Bank Mandiri) misal Rp 25.000.000,00
2. Cek jumlah yang dimasukan :
a. Jika benar , tekan ‘BENAR’
b. Jika salah dan ingin mengulangi memasukan jumlah yang diinginkan tekan ‘SALAH’
3. Untuk membatalkan tekan ‘CANCEL’  
Cara Ketiga:
Pada layar akan tampil konfirmasi transfer :
1. Cek informasi pada layar konfirmasi transfer
2. Jika benar , tekan ‘BENAR’
3. Jika salah dan ingin mengulangi memasukan jumlah yang diinginkan tekan ‘SALAH’
4. Untuk membatalkan tekan ‘CANCEL’
5. Tunggu sistem akan memproses transfer dana ini. 

















Lampiran 2

Transfer keluar
Dari nasabah Bank Mandiri ke nasabah Bank BRI
Purwanti (nasabah Bank Mandiri) melakukan transfer dana ke rekening Ameilia (nasabah BRI):
Cara Pertama:
1. Masukan nomor rekening Ameilia (10003131399121)
2. Cek nomor rekening Ameilia yang dimasukan :
a. Jika benar , tekan ‘BENAR’
b. Jika salah dan ingin mengulangi memasukan nomor rekening tekan ‘SALAH’
3. Untukmembatalkan tekan ‘CANCEL’  
Cara Kedua:
1. Masukan jumlah yang akan ditransfer  ke rekening Ameilia (nasabah BRI) misal Rp 15.000.000,00
2. Cek jumlah yang dimasukan :
a. Jika benar , tekan ‘BENAR’
b. Jika salah dan ingin mengulangi memasukan jumlah yang diinginkan tekan ‘SALAH’ 3. Untuk membatalkan tekan ‘CANCEL’  
Cara Ketiga:
Pada layar akan tampil konfirmasi transfer :
1. Cek informasi pada layar konfirmasi transfer
2. Jika benar , tekan ‘BENAR’
 3. Jika salah dan ingin mengulangi memasukan jumlah yang diinginkan tekan ‘SALAH’
 4. Untuk membatalkan tekan ‘CANCEL’
5. Tunggu sistem akan memproses transfer dana ini. 











Lampiran 3
Kliring masuk menggunakan Giro
Dari nasabah BRI (Alif)  Cab. Sriwijaya ke nasabah Bank Mandiri (Deida) Cab Bangkong.
Pada tanggal 1 April 2014, diterima Girodari Deida sebesar Rp 75.000.000,00 dan komisi Inkaso sebesar Rp 150.000,00, Biaya inkaso Rp 100.000,00 dicatat dalam jurnal sebagai berikut:

Tanggal
Keterangan
Ref
Debit
Kredit
2014
April 01
Rekening administrasi rupiah
Warkat kliring yang diterima



Rp 75.000.000,00
2014
April 01
Rekening administrasi rupiah
Warkat kliring yang diterima
Giro Rekening Deida

Pendapatan Komisi Inkaso

Pendapatan Biaya Inkaso

Rp 75.000.000,00


Rp 74.750.000,00



Rp      150.000,00

Rp      100.000,00











Lampiran 4
Kliring keluar menggunakan Giro      
Dari nasabah Mandiri (Yanti) Cab Sampangan ke nasabah  Bank Mandiri Cab. Purwodadi(Siti)
Pada tanggal 1 April 2014, dikeluarkan Giro kepada Dewi sebesar Rp 200.000.000,00 dicatat dalam jurnal sebagai berikut:
Tanggal
Keterangan
Ref
Debit
Kredit
2014
April 01
Rekening administrasi
rupiah
Warkat kliring yag diterima

Rp200.000.000,00

2014
April 01
Rekening administrasi rupiah
Warkat kliring yag diterima



Rp.200.000.000,00
2014
April 01
GiroRekYanti
       RAK Cab. Pemuda
-


Rp 200.000.000,00

Rp 200.000.000,00
















Lampiran 5
Kliring masuk menggunakan Cek
Dari nasabah BRI (Rike)  Cab.Kudus  ke nasabah Bank Mandiri (Purwanti) Cab Ngalian.
Pada tanggal 1 April 2014, diterima Cekdari Rike  sebesar Rp 100.000.000,00 dan komisi kliring sebesar Rp 1.000.000,00, Biaya inkaso Rp800.000,00 dicatat dalam jurnal sebagai berikut:
Tanggal
Keterangan
Ref
Debit
Kredit
2014
April 01
Rekening administrasi rupiah
Warkat kliring yang diterima



Rp100.000.000,00
2014
April 01
Rekening administrasi rupiah
Warkat inkaso yang diterima

Giro Rekening Rike
Pendapatan Komisi Inkaso

PenPendapatan Biaya Inkaso

Rp100.000.000,00


Rp       98.200.000,00


Rp           1.000.000,00


Rp            800.000,00













Lampiran 6
Kliring keluar menggunakan Cek
Dari nasabah Mandiri (Tika) Cab Bangkong ke nasabah  Bank Mandiri Cab. Pemuda Dewi
Pada tanggal 1 April 2014, dikeluarkan Giro kepada Dewi sebesar Rp 50.000.000,00 dicatat dalam jurnal sebagai berikut:
                   
Tanggal
Keterangan
Ref
Debit
Kredit
2014
April 01
Rekening administrasi rupiah
Warkat kliring yag diterima

Rp 50.000.000,00

2014
April 01
Rekening administrasi rupiah
Warkat kliring yag diterima



Rp 50.000.000,00
2014
April 01
GiroRekTika
       RAK Cab. Pemuda
-


Rp 50.000.000,00

Rp 50.000.000,00
                  














Lampiran 7
Inkaso masuk
Dari nasabah BRI (Triska)  Cab. Jogja ke nasabah Bank Mandiri (Riris) Cab.Gunung Pati
Pada tanggal 1 April 2014, diterima Girodari Triska sebesar Rp 150.000.000,00 dan komisi Inkaso sebesar Rp 2.000.000,00, Biaya inkaso Rp 1.000.000,00 dicatat dalam jurnal sebagai berikut:

Tanggal
Keterangan
Ref
Debit
Kredit
2014
April 01
Rekening administrasi rupiah
Warkat inkaso yang diterima



Rp150.000.000,00
2014
April 01
Rekening administrasi rupiah
Warkat inkaso yang diterima
Giro Rekening TriskaPendapatan Komisi Inkaso
Pendapatan Biaya Inkaso

Rp 150.000.000,00

Rp 147.000.000,00
Rp      2.000.000,00

Rp      1.000.000,00















Lampiran 8
Inkaso keluar
Dari nasabah Mandiri (Vivi) Cab Bangkongke nasabah  Bank Mandiri Cab. MranggenNovi
Pada tanggal 1 April 2014, dikeluarkanGirokepada Nanda sebesar Rp 125.000.000,00 dicatat dalam jurnal sebagai berikut:
Tanggal
Keterangan
Ref
Debit
Kredit
2014
April 01
Rekening administrasi rupiah
Warkat inkaso yag diterima

Rp125.000.000,00

April 01
Rekening administrasi rupiah
Warkat inkaso yag diterima



Rp125.000.000,00
 April 01
GiroRekVivi
       RAK Cab. Mranggen
-


Rp 125.000.000,00

Rp 125.000.000,00














Tidak ada komentar:

Posting Komentar